5 Cara Ampuh Mengatasi Hidung Tersumbat Tanpa Obat

Waktu hidung terhalang, bernapas mungkin saja satu rintangan berat. Apapun sebabnya — alergi, pilek, atau flu — tidak mudah bernapas bisa membuat Kamu cepat capek serta kelelahan.

Baca Juga : black garlic makassar

Beberapa orang yang menduga jika hidung terhalang ialah akibatnya karena penggumpalan lendir di aliran hidung. Tetapi, hidung terhalang sebetulnya dikarenakan oleh pembuluh darah sinus yang meradang.

“Hidung mempunyai jaringan pembuluh darah berkatup yang luas serta dapat membuka-tutup,” tutur Scott P. Stringer, MD, profesor THT di University of Mississippi Medical Center serta kepala direksi Rhinology and Paranasal Sinus Committee of the American Academy of Otolaryngology–Head and Neck Surgery. Waktu hidung alami iritasi, skema sarafnya terstimulasi, mengakibatkan katup pembuluh darah terbuka. Hasilnya, makin banyak darah yang mengalir ke dlm hidung. Keadaan ini mengakibatkan pembengkakan di aliran hidung serta membuat Kamu tidak mudah untuk bernapas.


Tidak hanya obat-obatan, misalnya dekongestan, ada cara-cara lain untuk memudahkan hidung terhalang.

1. Matikan AC serta kipas angin
Hawa hangat serta lembap ialah langkah paling cepat untuk menangani pilek serta hidung terhalang.

Bernapas di hawa yang lembap dapat menurunkan radang serta menurunkan pembengkakan pembuluh darah dlm hidung, mencairkan lendir dlm sinus.

Pilihannya, Kamu dapat kerjakan sauna muka. Triknya, condongkan muka Kamu sampai ada diatas mangkok berisi air panas, gantungkan handuk diatas kepala Kamu sampai membuat gorden yang memerangkap uap dari mangkok, setelah itu hirup uap sepanjang kira-kira sepuluh menit. Ulangilah dua-tiga kali satu hari sampai Kamu dapat bernapas dgn lega.

dua. Minum banyak air
Air hangat dapat menolong mencairkan lendir di aliran hidung serta menurunkan ngilu karena hidung terhalang. Untuk macam, Kamu dapat minum teh jahe, mint, atau teh lemon serta madu hangat yang memiliki kandungan agen antiseptik serta dekongestan natural untuk mempermudah pernafasan.

tiga. Minyak kayu putih
Minyak kayu putih, diketemukan dlm banyak salep serta balsem, bisa menolong mencairkan lendir karena hidung terhalang. Triknya condongkan muka Kamu sampai ada diatas mangkok berisi air panas yang telah ditambah lagi dgn beberapa tetes minyak kayu putih. Gantungkan handuk diatas kepala Kamu sampai menutupi mangkok, hirup uap sepanjang kira-kira sepuluh menit.

Minyak kayu putih dapat dibuktikan dengan keilmuan jadi pilihan rumahan yang dapat membunuh beberapa macam bakteri pemicu hidung terhalang, misalnya infeksi sinus.

empat. Semprotan saline atau dekongestan topikal (oxymetazoline)
Semprotan saline menyiapkan kelembaban tambahan yang diperlukan oleh hidung terhalang. Larutan saline akan mencairkan lendir serta kurangi hidung terhalang. Untuk bertambah cepat memberi dampak lega pada hidung terhalang, kurang dari sepuluh menit, pakai dekongestan topikal/ oxymetazoline.

Semprotan saline atau dekongestan topikal di jual bebas di apotek. Sebelum memakai semprotan saline atau dekongestan topikal, bahas lebih dulu dgn ahli kesehatan Kamu. Dampaknya bisa jadi ada atau dapat jadi parah tanda-tanda hidung terhalang bila dipakai lebih dari tujuh hari.

lima. Kunyah bawang putih
Bawang putih memiliki kandungan agen antibakterial serta antijamur yang bermanfaat jadi penyembuh beberapa permasalahan kesehatan, terhitung hidung terhalang karena demam serta flu.

Penemuan dari satu penelitian di Inggris tunjukkan jika simpatisan yang diberi suplemen bawang putih sepanjang duabelas minggu beruntun sepanjang musim flu lebih jarang-jarang alami flu dibanding simpatisan yang tidak konsumsi suplemen bawang putih.

Bisa jadi kunyah bawang putih mentah terdengar menakutkan buat Kamu. Untuk mengakalinya, tumis satu-dua siung bawang putih serta imbuhkan pasta atau sayur-sayuran. Atau, Kamu dapat memberikan tambahan beberapa potongan atau tumbukan 1 siung bawang putih ke dlm satu mangkuk air panas untuk menguapi muka Kamu sepanjang sepuluh menit.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

FOREDI SOPPENG

Pentingnya Menjaga Area Kewanitaan dengan Bahan Alami